YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Senin, 07 Oktober 2013

Ikut crew Event Organizer: Ayo kita kerja rodi elit!

Tulisan ini bukan bermaksud menjatuhkan dan merendahkan kerja salah satu bidang. Saya minta maaf sebesar-besarnya terlebih dahulu apabila ada yg tersinggung. Saya bukan sedang ingin menghina siapapun. Karena  ketertarikan dan mulai  berkecimpung di dunia seperti ini, saya mencoba menganalisa sendiri. Silahkan tertawa dan melecehkan saya alih-alih menulis dengan curhatan cengeng yang tidak professional, bagi yang sudah sangat ahli di bidang ini. Tapi ini hanya jokes yang saya bisa kita lihat untuk menjadi pertimbangan untuk yang berminat menjadi pekerja rodi elit seperti ini. Kenapa pekerja rodi? Cobalah tanya kepada mereka yang sangat fasih di bidang ini, apakah mereka memiliki waktu tidur yang baik, atau memiliki banyak kesempatan untuk menghirup udara segar yang lama ketika acara berlangsung?


Event organizer, ialah suatu pengatur acara yang dibayar oleh seseorang dan tidak mau repot untuk mengurus semua acara yang mereka punya. Mulai dari acara kecil, hingga acara sekaliber international. Katakanlah mereka sebagai yang membantu, dan yang punya uang adalah klien. Okke berarti mereka pekerjanya. Jadi jika kita sebagai bawahan para ‘pekerja’, dapat disimpulkan dalam bahasa kurang baik dan singkat, ‘kita adalah babu para babu’. Sial? Memang akan terlihat sangat sial, tapi kita suka. Mengapa? Ya begitulah. Tetapi, coba disimak beberapa hal di bawah ini untuk menjelajah selah dari para babu yang mempekerjakan babu (seperti saya salah satunya)
  • Bukan penghinaan gender
Saya sebagai perempuan yang bukan feminis, mengungkapkan bahwa kenyataannya, lelaki lebih mampu dan handal menjadi babu para babu. Karena sebagai pemula ataupun professional, babu para babu dituntut menjadi pekerja romusha yang paling setia dan handal. Tidak sangat disarankan anda mengeluh lapar, lelah, dan bosan, karena semua orang toh merasakannya, bahkan bos utama kita sendiri. Perempuan yang cenderung sebagai perasa, mereka lebih senang mengobrol dan mulai mencari perhatian. Apalagi jika mereka ditelantarkan, perempuan merasa tidak terima. Padahal siapapun harus siap ditelantarkan dan mencari jalan aman untuk dirinya sendiri untuk bertahan dan tetap fit hingga semua tugas kita selesai. Maka dari itu, lelaki lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena mereka tidak memilih pekerjaan daripada wanita kebanyakan. Keuntungan bagi wanita, mereka bisa mendapatkan posisi yang memiliki gaji yang fantastis dengan pekerjaan seberapa, apabila memiliki kelebihan fisik yang lebih. Ini bukan keekjaman broh, laki-laki juga bisa, tapi emmang lebih sulit. Itu sangat diakui, dan saya adalah seorang wanita yang tidak mungkin memiliki kesempatan seperti itu, jadi katakanlah tipe saya mendapat lapangan yang paling sempit.

  • Tahan Banting dan Tahan Batin

Masih berhubungan dengan poin di atas, kita harus tahan banting sekaligus batin, karena menjadi kasta terendah suatu acara, kita harus sabar-sabar menjadi orang yang bersalah atas kesalahan orang lain yang kita ketahui atau tidak. Bukan saatnya kita membela diri untuk hal sepele dan menjadi ‘ngambek’ atas miss communication sesuatu selama acara. Semua pekerjaan memiliki risiko dan keuntungan masing-masing, maka ambilah segala hal positif untuk menenangkan batin dan fisik kita. Tapi ingat, kita hanya perlu bersabar, bukan menjadi babu yang bodoh, kita pekerja rodi elit berooh!
  • Manis Pahitnya keuangan

Kenapa pointnya seperti di atas? Kalian bisa menerka sendiri bahwa pekerjaan ini bahwa alur keuangan seseorang yang bekerja di bidang ini tergantung dengan acara. Kita tidak bisa menentukan waktu pekerjaan kita, mereka para raja pemberi job atasan kita yang menentukan. Semoga anda memiliki atasan yang sangat banyak rejeki event-nya (AMIEEEEN!). Jika sedang sepi acara, semisal banyak hari raya agama, ataupun bukan musim event bagian kalian masing-masing, maka kalian harus cerdik dan cermat dan seperti bunglon beradaptasi mencari lapak untuk sesuap nasi dan sebongkah berlian kalian.  Keuntungannya lagi, kita bisa memiliki tipping yang besar di suatu event, ataupun previlage lebih pada suatu acara. Hal-hal seperti bonus kerja pasti bisa terjadi dan jumlahnya bisa pula tak terduga. J
  • Multitasking is a must!

Yes, this is the best point that you must have! Kalian harus memikirkan beberapa pekerjaan sekaligus, itu memang selalu terjadi. Bukan hanya keuletan, ketahanan dan kecepatan saya, tetapi keahlian kalian dalam manajemen diri melakukan tugas agar tidak membuang energy yang tidak harus dilakukan. Kalian harus bisa cepat melihat, belajar, dan memodifikasi pekerjaan kalian seefesian mungkin.
  • Manner dan Etiquette

Setiap pekerjaan memiliki aturan, rules, dank ode etik masing-masing. Bukan berarti event organizer yang sangat fleksibel juga tidak memiliki ini. Setiap orang memiliki caranya masing-masing. Ada yang memerlukan keramahan dan kesopanan seperti MISE ataupun yang membutuhkan humble value yang tinggi (entertainment). Jadi kita yang seperti ini harus memahami manner dan etiquette masing-masing bidang kalian. Inilah kunci profesionalitas kalian yang akan dilihat sebagai review oleh orang lain. Sedikit munafik boleh, tetapi bukan menjadi bermuka dua yang sangat ahli, itu menyebalkan bung!
  • Pelajaran dan pengalaman

Last but not least, inilah yang terpenting. Walaupun kita akan melakukan pekerjaan yang sama di bidang perbabuan ini, tetapi kita harus menjadi cangkir kosong yang harus terbuka menerima setiap pembelajaran atau member pelajaran kepada orang lain. Jangan menjadi pelit dan batu kalau mau menjadi orang yang naik tingkat ke atas. Coba Curriculum Vitae diisi jangan Cuma dibanayak-banyakin, tetapi juga dimakanai.

Yak segini sajalah dulu aspek yang bisa saya ambil. Saya mungkin masih harus banyak menelaah lagi. Intinya sih, jangan menjadi manja tolong! Ini bukan perusahan mamak dan bapak kalian, tolong setiap pekerjaan juga berat. Mungkin sebagian dari kalian adalah orang yang selalu dipenuhi keamanannya oleh orang sekitar. Tapi cobalah menghadapi dunia nyata. Saya suka nggak habis piker sama orang yang mau kerja, tapi nggak mau capek. Semua kerjaan toh capek, jadi koruptor aja capek ngabisin uang tuh!

P.S: iseng-iseng berhadiah, jangan dibawa ati yaaa~
-Roo, pengen kerja rodi lagi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar